Jumat, 26 Juni 2009

cerita Ngurus NPWP

udah pernah dengar Jingle Iklan Dedi MiZwar.. trus itu tuh iklan terbaru yang bilang
Hari Gini Gak Punya NPWP? Apa Kata Duniaaaaaaa!!!!

nih telinga sih dah biasa denger'a...dah biasa liat iklan'a...dah biasa baca spanduk dari direktorat Pajak yang suka digantung di jalan-jalan itu...
tapi gak pernah tuh ada sedikit pun keinginan buat bikin NPWP... pikiran "terdangkal" gw slalu nyaut.. ngapain???? lagian kalo gw udah bayar pajak penghasilan yg ntar tu duit dipake bangun negara... kalo gw jalan dijamin gak..gak bakalan masuk lubang... trus dijamin gak supaya sejarah gk berulang lagi gw diserempet di atas trotoar yang neto-neto buat pejalan kaki.... ah ngapain gw nyumbang duit gw aja gak pernah rasa cukup... gaji gw kan cuma segini-gini aja...

pokok'a buanyak banget alasan d otak butek gw kalo GW GAK MAU BERURUSAN DENGAN PAJAK PENGHASILAN!!! dan semua ketololan pemikiran gw itu berakhir sudah... kebetulan gw lagi ngurus sesuatu dan pas gw baca syarat'a gw wajib punya NPWP!!! huaaaapppzzz? yaolllohhh akhir'a harus ketemu juga sama dia... ada yang nawarin buat ngurusin sih, tapi karena u/ urusan penting kayak yang satu ini gak papa deh gw urus sendiri walaupun udah bayangin duluan deh nih berbelit-belit'a urusan... tapi setelah nanya sana sini dan liat di web'a kantor pelayanan pajak
buletin tekad deh ksana...setelah sebelum'a nlpon dulu ke KPP Pratama...
ternyata gw datang disaat yang gak tepat.. berhubung ini hari Jumat jadi waktu pelayanan sangat singkat, dan kantor Pajak u/ wilayah Manado'a kehabisan kartu dan seri no pajak pribadi'a (bisa aja ah....) jadi harus nunggu selesai sampe hari selasa... jadi tadi cuma disuruh ngisi Form untuk pengurusan Nomor Pokok Pajak Pribadi aja..syarat'a pun cuma FC KTP doang.. eh ya ada cerita jengkelin jg sih waktu itu.. kan syarat'a KTP jadi aku sodorin aja KTP'a.. eh petugas minta FC'a.. gw tanya balik lagi.. emang disini gak ada mesin FC.. dan jawab'a gak ada!!
haaaaaa??? becanda ah masa sih kantor sekeren ini gak punya mesin FC!
kayak'a petugas'a aja yang udah mood mo weekend jadi gak mo bantuin gw nih ah cape' deh... untung aja pas ngubek" dompet nemu FC KTP,
gak bayangin deh musti jalan keliling nyari t4 FC dengan udara super panas kayak tadi....

oh ya tadi juga sempat sih minta penjelasan gimana perhitungan pajak penghasilan'a
tapi karena bapak yang berwenang buat ngejelasin itu gak ada
terpaksa deh nyari info sendiri di Internet... untung'a nemu
blog ini
lumayan banget dapat bayangan soal perhitungan'a...
jadi kalo gak salah ngerti nih ya... cara sederhana ngitung pajak penghasilan sendiri tuh gini:

1. Jumlahkan penghasilan bruto kita yang meliputi Gaji Pokok
Jamsostek dan Premi Kecelakaan

2. Hitung Pengurangan seperti biaya jabatan, iuran pensiun
dan lain-lain (tergantung kebijakan
perusahaan)
3. hasil'a dikali 12 dan kalo hasil'a dibawah 25 juta pertahun
maka potongan pajak'a 5%

4. Hasil akhir pajak itu yang nanti disetorkan per bulan ke KPPN
melalui perusahaan ato
disetor sendiri per tahun'a


supaya Ilustrasi'a lebih jelas nih ada contoh perhitungan'a ya..

PT Empat Mata membayar iuran pensiun untuk Tukul Arwana ke dana pensiun, yang pendiriannya telah disahkan oleh Menteri Keuangan, setiap bulan sebesar Rp. 70.000,00, sedangkan Tukul Arwana membayar iuran pensiun sebesar Rp. 50.000,00.

Perhatikan, perhitungan untuk mengetahui berapa besarnya pajak (penghasilan) yang harus dipotong PT Empat Mata untuk satu bulannya.

Gaji sebulan
2.000.000
Premi Jaminan Kecelakaan Kerja
10.000
Premi Jaminan Kematian
6.000
Jumlah
Penghasilan Bruto

2.016.000



Pengurangan :

1. Biaya Jabatan 100.800
2. Iuran Pensiun 50.000
3. Iuran Jaminan Hari Tua
40.000

Jumlah Pengurangan
190.800
Penghasilan Neto Sebulan
1.825.200
Penghasilan Neto Setahun
21.902.400
PTKP

- Diri WP Sendiri 13.200.000
- Status Kawin
1.200.000

Jumlah PTKP
14.400.000
Penghasilan Kena Pajak Setahun
7.502.400
Pembulatan
7.502.000
PPh Pasal 21 Setahun
375.100
PPh Pasal 21 Sebulan
31.258



kurang lebih'a gitu ya sodara-sodara......
kalo masih bingung ato tambah bingung.... jangan salahin gw yeee
langsung hub aja kantor pelayanan pajak terdekat buat minta penjelasan'a... ;)

oh ya buat mempermudah idup loe ada cara praktis juga nih buat ngurus NPWP
yaitu secara online.. tinggal klik disini
trus daftar deh..nanti'a loe bakalan dapat NPWP sementara yang nanti akan ditukarkan
dengan NPWP loe yang asli di KPP'a

tadi sempat nyoba sih tapi ngisi'a agak ragu-ragu karena ada yang gak gw ngeh
dari pada ancur mending datang sendiri aja ke KPP ... kalo emang gak ada halangan bisa langsung jadi deh NPWP loe..

sip selamat ngurusin NPWP yah.. yang sempat punya pikiran kayak gw
mending dilurusin lagi deh pemikiran'a karena ternyata
jaman sekarang gak punya NPWP bakalan lebih susah lagi kalo loe mo ngurusin ini itu...
dijamin deh gak bakalan rugi punya NPWP sambil nguat-nguatin hati sendiri

1 komentar:

  1. seru euuuy....
    ternyata qmu salah satu masyarakat yang sadar pajak pas butuh lengkapin syarat yah???
    samiun donk??? gw juga nih, padahal cuma buat ngurus kpr ajah.

    BalasHapus