Senin, 10 Agustus 2009

Sukses = Syukur + Bahagia

definisi sukses menurut kacamata orang awam termasuk saya adalah bahagia...
kayak'a itu gak salah ya...gak ada yang akan protes kalo sukses=bahagia... kecuali kalo ada yang berpendapat bahwa sukses=materi..wah bisa panjang penjelasan'a..

saya gak berkompeten untuk menjelaskan hubungan dari Sukses = Materi, walaupun dulu saya adalah salah satu dari sekian orang yang berpikiran bahwa sukses itu identik'a dengan kelimpahan Materi... tapi bisa saya ulangi itu dulu...

semalam saya menghadiri acara pernikahan seorang teman.. saya tau sekali kalo dia dan kekasihnya saling mencintai dan menjaga hingga akhir tiba di puncak pernikahan... menurut saya dia orang yang sukses.. ada juga pengalaman mengobrol dengan seorang sahabat yang meneruskan kuliah di luar kota jauh dari orang tua tapi akhir'a bisa survive hingga mendapatkan pekerjaan sebagai programer di perusahaan swasta sesuai dengan bidang yang digeluti dipelajarinya dengan berdarah-darah lebay dan menurut saya dia adalah orang yang sukses... karena koefisien sukses menurut saya adalah SUKSES = BAHAGIA...
saya gak muluk berkoar-koar mengatakan bahwa saya sudah pernah merasakan pahit getir'a hidup..no..no...umur saya baru 22 tahun, masih sangat muda belum menikah walaupun lumayan merasakan berat'a mempertahankan hubungan selama bertahun-tahun hehehehehe... tapiiiii saya bisa merasakan bahwa materi bukan segala'a untuk mencapai kebahagiaan....

dan yang lebih beruntung lagi, saya telah menyadari bahwa materi bukan segalanya untuk membuat saya bahagia, dan sukses yang saya cari bukan untuk kelimpahan materi....

iseng-iseng saya membuat list hal-hal apa yang SAAT INI dan NANTI AKAN membuat saya merasa sebagai orang yang sukses

UNTUK SAAT INI:
1. berhasil mengerjakan sholat 5 waktu sehari
2. mengerjakan puasa sunah meskipun sebulan sekali
3. memenuhi kebutuhan bulanan dirumah
4. membelikan kaos kaki, underwear ato buku pelajaran adik kecil saya
5. punya waktu bersantai duduk bercanda dengan keluarga
6. menyelesaikan pekerjaan kantor a.k.a gak ceroboh bantuin ngerjain tender
7. bisa bikin faktur penagihan tanpa kehilangan beberapan angka nol dibelakang'a
8. mendengar dan membantu keluhan kesusahan sahabat
9. menjaga kesetiaan dan kejujuran buat sube
10. menebus barang gadaian dengan hasil keringat sendiri


UNTUK NANTI
1. menikah dengan laki-laki yang disayangi keluarga besarku
2. menikah dengan laki-laki yang saya cintai
3. dinikahi laki-laki yang mencintai saya
4. punya anak banyak
5. punya rumah mungil hasil keringat berdua
6. melayani suami dan anak
7. meninggal dalam keadaan khusnul khotimah

that's all...
saya percaya bahwa kebahagian dan kesuksesan adalah ketika merasa bersyukur dengan apa yang saya punya

1 komentar: