Rabu, 01 Juli 2009

ETIKA

setiap mosting cerita, saya pasti gak yakin bisa memaparkan suatu cerita yang saya maksud.... kadang maksud kesini...lah ujung cerita'a ke sono..... hmmm saya memang rada bermasalah dengan struktur kata... bahkan dosen pembimbing Tugas Akhir pernah protes kalo saya tidak bisa membuat sebuah alur cerita yang terstruktur.... hehehehe

cerita kali ini juga maksud'a sederhana saja koQ, hanya sekedar kegalauan kenapa masyarakat Indonesia yang kata'a punya Etika dan Tata Krama paling Yahud se dunia tapi masih aja ngeluarin basa basi super basi, sibuk menanyakan hal-hal yang sama skali bukan urusan dan lebih parah lagi gak bisa membedakan mana pertanyaan yang tepat ditanyakan pada orang yang tepat dan disaat yang tepat juga...

pernah ada pengalaman yang cukup menyebalkan... , sudah kebiasaan saya dan anda tentu'a untuk memperkenalkan teman dengan sahabat,kerabat ato keluarga yang kebetulan bertemu

seperti cerita sore itu....lagi asyik menunggu pemutaran film di TO saya dan teman SMU bertemu dengan teman kuliah *apa bahasa ini bisa dimengerti*
setelah diperkenalkan saya rasa tidak perlu ada pertanyaan lanjutan u/ menanyakan kerja dimana??? lalu tanpa menunggu jawaban dan melihat ekspresi melanjutkan cerita bahwa betapa "pusing" nya dia setelah naik jabatan....lembur hampir tiap malam...insentiv-insentiv yang diterima dan tetek bengek yang bikin saya ingin menonjok bibirnya.

ah..... apa tidak terpikir dengan pertanyaan yang saya anggap bodoh seperti itu teman kuliah itu lagi menyudutkan teman yang setahun masih menganggur..... ato bagaimana bila pertanyaan tertuju pada orang yang baru saja terkena PHK????

memang gak bisa dipungkiri.... status diakui itu hal paling tinggi dalam hiraki kebutuhan manusia, saya juga kadang bisa memaklumi jika ada teman yang sok pamer menceritakan hal ini itu tentang keberhasilan dan pencapaian'a, tapi rasa'a gak adil kalo sifat dan sikap'a itu berlaku ke semua orang... selain keluarga dan sahabat terdekat'a...

rasa-rasa'a bila mungkin suatu hari saat saya menikah dan terpaksa harus jadi IRT dan bila ditanya entah teman ato siapa pun bahwa apakah saya bekerja??? saya akan menjawab yaaaa saya bekerja walaupun tanpa slip gaji saya bekerja u/ suami dan anak-anak saya...24 jam!!! bahkan uang lembur per menit saya tidak bisa terbayar jika dikalikan rupiah!

saya jadi ingat cerita waktu ngurus NPWP... karena blum mengerti bagaimana proses'a iseng-iseng saya bertanya ke seorang teman yang saya yakin pasti sudah punya juga..
pertanyaan saya ternyata tidak terjawab dengan detail karena NPWP teman saya itu diurus lewat perusahaan..... tapi yang jadi panjang di obrolan adalah pertanyaan dan pernyataannya yang bikin saya narik napas dalam-dalam...
gak usah repot ngurus NPWP nie... itu kan cuma kalo gaji udah diatas 1 jt.. lagian knpa gak dari perusahaan yang ngurus sih???? masa sih perusahaanmu gak ngerti kalo pegawai'a yang bergaji cukup dah wajib punya NPWP... bla...bla...bla... dan berujung dengan pertanyaan emang gajimu dah berapa sekarang??? mo ngurus NPWP buat apa sih???

sepanjang dia ngomong saya teriakkan dalam hati kalo saya gak usah merespon semua pertanyaan dan pernyataan teman itu... karena saya tau kapasitas emosi saya... bisa kacau kalo saya ladenin!!!

kayak'a musti belajar sama orang luar negeri deh... soal mana pertanyaan pribadi dan yang mana pantas u/ dibincangkan......... dasar...dasar

2 komentar:

  1. hai Afni.. kunjungan pertama saya. Met kenal juga yah! ;)

    BalasHapus
  2. makasih ya dah sudi mampir (bukan'a itu nama rumah makan ya???)

    BalasHapus